PELATIHAN PEMBUATAN STANDART OPERATING PROCEDURE PUSAT KARIR

Dalam menjalankan sebuah organisasi, baik dalam skala kecil maupun besar, dengan ruang lingkup luas dan sumber daya manusia dari latar belakang yang beragam, dibutuhkan sebuah acuan efektif untuk menyelaraskan sistem dalam bekerja sehingga visi dan misi sebuah perusahaan dapat tercapai. Acuan itu dikenal dengan sebutan Standar Operasional Prosedur atau SOP.

Standar Operasional Prosedur merupakan sebuah panduan yang bertujuan memastikan pekerjaan dan kegiatan operasional organisasi atau perusahaan berjalan dengan lancar. Sehingga dapat diartikan bahwa SOP merupakan sebagai suatu pedoman untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah maupun non-pemerintah, usaha maupun non-usaha, berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif, dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.

Melalui Program Penguatan dan Pengembangan Bursa Kerja Khusus Perguruan Tinggi Vokasi Tahun 2020, maka Job Placement Center mengadakan pelatihan pembuatan SOP yang berada di pusat karir bagi staff JPC dengan narasumber dari Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (P4M) Polije yaitu Ratih Ayuninghemi, S.ST, M.Kom

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan staff JPC memiliki Standar Operasional Prosedur atau suatu panduan atau prosedur kerja sistematis yang bertujuan untuk menciptakan standardisasi guna memudahkan para pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan dan meminimalisir kesalahan.