PENDAMPINGAN LINKEDIN CHAMPIONS BAGI CALON ALUMNI POLIJE

Pandemi memang merubah pola bisnis di berbagai sektor, salah satunya adalah proses rekrutmen perusahaan saat ini yang banyak menggunakan berbagai platform digital. Sebagai contoh platform aplikasi pengisian curriculum vitae (CV) dan rekrutmen online adalah LinkedIn. Tantangan perubahan itu yang ditangkap dan diadaptasi oleh UPT Pengembangan Karier dan Kewirausahaan (PKKWU) Politeknik Negeri Jember (Polije) guna mempersiapkan calon alumni untuk bisa beradaptasi dengan pola rekrutmen bari di dunia digital.

UPT PKKWU Polije melalui pusat karir bersama S4C (Skill For Competitiveness) memberikan pelatihan sekaligus pendampingan pembuatan profile di LinkedIn sampai mendapatkan kategori champion atau layak untuk direkrut. Pelatihan dan Pendampingan yang bertemakan “Upgrade your Digital Proffesional Profile” berlangsung selama dua hari mulai tanggal 15 s.d 16 Oktober 2020 secara online dengan menggunakan platform zoom dengan diikuti sekitar 300 mahasiswa yang sudah yudisium sebagai calon alumni dari semua jurusan di Polije.

Kegiatan pelatihan dan pendampingan LinkedIn Proffile Champion ini dibuka oleh Wahyu Kurnia Dewanto, S. Kom., M. T. sebagai Wakil Direktur III bidang Kemahasiswaan dan Alumni dan dimoderatori oleh Elly Antika, S. T., M. Kom sebagai staff di UPT PKKWU. Pelatihan diisi oleh Dr. Niken Widya Palupi, S. TP., M. Sc sebagai S4C Senior Program Officer  Management Support yang mengenalkan platform LinkedIn beserta manfaatnya, kemudian pendampingan disampaikan oleh Ridwan Rizkyanto sebagai S4C Program Officer Training Development.Disela kegiatan pelatihan dan pendampingan para peserta wajib memiliki akun LinkedIn dengan kategori champions agar lebih mudah dilirik recuiter dari berbagai perusahaan, serta menghadirkan beberapa alumni untuk sharing manfaat dan kegunaan profil linkedin champions dari pengalaman mereka di rekrut kerja melalui platform digital. Lebih lanjut Nugroho Setyo Wibowo, S. T., M. T. sebagai kepala Pusat Karir Polije memberikan keterangan “Pelatihan dan Pendampingan LinkedIn ini merupakan serangkaian kegiatan persiapan alumni untuk memasuki dunia kerja. Setelah ini akan ada pelatihan khusus bagi calon alumni untuk siap menghadapi interviewer dari perusahaan”