TRACER STUDY POLIJE 2021

Tracer Study atau yang umumnya dikenal dengan survei alumni, adalah studi mengenai lulusan lembaga penyelenggara pendidikan tinggi. Tracer Study merupakan suatu studi yang dapat menyediakan informasi yang bermanfaat bagi kepentingan evaluasi hasil pendidikan tinggi dan selanjutnya dapat digunakan untuk penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi. Selain itu, tracer study juga menyediakan informasi mengenai hubungan antara pendidikan tinggi dan dunia kerja professional, menilai relevansi pendidikan tinggi, menyediakan informasi bagi para pemangku kepentingan (stakeholders), dan merupakan kelengkapan persyaratan bagi akreditasi pendidikan tinggi.

Tracer Study dapat digunakan untuk mengetahui hubungan antara input pendidikan tinggi (situasi dan kondisi pembelajaran, biodata mahasiswa, pengalaman dan motivasi), proses pendidikan tinggi (pembelajaran dan pengajaran), output pendidikan tinggi (pengetahuan, keterampilan, motivasi dan nilai), serta outcome pendidikan tinggi (masa peralihan memasuki dunia kerja dan kontribusi terhadap masyarakat).

Oleh karena itu, Politeknik Negeri Jember melalui Career Deveopment & Counseling UPT Pengembangan Karier dan Kewirausahaan melaksanakan Tracer Study bagi alumni program Diploma (D3) dan Sarjana Terapan (D4). Program Tracer Study Polije 2021 ini dilaksanakan untuk menelusuri alumni atau wisudawan program Diploma (D3)  dan Sarjana Terapan (D4) lulusan Tahun 2018-2019-2020.

Lebih lanjut Koordinator Career Development & Counseling Polije, Bpk Nugroho Setyo Wibowo, ST, MT yang juga sebagai Tim Tracer Study Polije 2021 menyampaikan bahwa manfaat tracer study tidaklah terbatas bagi Polije saja, tetapi  lebih jauh lagi dapat memberikan informasi penting mengenai hubungan (link) antara Polije dengan dunia kerja.  Tracer study dapat menyajikan informasi mendalam dan rinci mengenai kecocokan/match kerja baik horisontal (antar berbagai bidang ilmu) maupun vertikal (antar berbagai level/strata pendidikan). Dengan demikian, tracer study dapat ikut membantu mengatasi permasalahan kesenjangan kesempatan kerja dan upaya perbaikannya.  Bagi Polije, informasi mengenai kompetensi yang relevan bagi dunia kerja dapat membantu upaya perbaikan kurikulum dan sistem pembelajaran.  Di sisi lain, dunia industri dan dunia kerja dapat pula melihat ke dalam Polije melalui tracer study, dan dengan demikian dapat menyiapkan diri dengan menyediakan pelatihan-pelatihan yang lebih relevan bagi mahasiswa maupun calon alumni Polije.

Yuk,,Sukseskan Tracer Study Polije 2021 dengan klik http://bit.ly/TracerStudyPolije2021