STAFF CDC MENGIKUTI PELATIHAN ENUMERATOR TRACER STUDY

Enumerator merupakan orang yang melakukan kegiatan enumerasi. Enumerator dapat dikatakan sebagai orang yang melakukan pengumpulan data sensus dengan mengunjungi rumah responden atau petugas lapangan yang membantu tugas tim survei dalam kegiatan pencacahan atau pengumpulan data. Seorang enumerator haruslah memiliki kemampuan dasar bertanya dan mendengar yang baik serta mencacat secara rapih. Tentunya, pembekalan atau pelatihan perlu diikutkan apabila seseorang ingin menjadi enumerator.

Pelatihan enumerator tidak hanya diperuntukan kepada mereka yang belum pernah melakukan kegiatan pencacahan, melainkan juga bagi mereka yang telah memiliki pengalaman melakukan kegiatan pencacahan. Bagi mereka yang belum pernah melakukan kegiatan pencacahan atau menjadi seorang enumerator, pelatihan akan memberikan pemahaman mengenai teknik bertanya dan teknik mendengar yang baik serta teknik mencatat yang rapi. Pelatihan ini juga akan memberikan informasi mengenai substansi dari pertanyaan-pertanyaan yang ada pada kuesioner. Sementara, untuk mereka yang pernah menjadi seorang enumerator, pelatihan ini mengarah kepada substansi dari pertanyaan-pertanyaan yang ada pada kuesioner.

Career Development & Counselling Politeknik Negeri Jember bersama dengan S4C melaksanakan kegiatan Pelatihan Enumerator bagi Staff CDC. Kegiatan pelatihan ini penting dilakukan mengingat peran penting enumerator adalah komunikasi dengan responden untuk meningkatkan response rate, dimana bentuk komunikasi yang efektif akan memberikan kepercayaan bagi responden untuk mengisi kuesioner tracer study. Enumerator juga berperan dalam validitas data yang masuk, oleh karena itu enumerator perlu untuk memastikan antara pertanyaan dan jawaban yang sesuai dengan realita. Validitas dari data yang masuk akan menentukan keberhasilan dari survei yang dilakukan.

Pelatihan Enumerator ini dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 19-20 Pebruari 2021. Wakil Direktur III Bidang kemahaiswaan Polije, Bpk Wahyu Kurnia Dewanto, S.Kom, M.T lebih lanjut menyampaikan bahwa dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan Staf CDC dapat bekerja dengan baik saat melakukan tracer study, dapat melakukan komunikasi dengan responden secara baik, dapat melakukan validasi data dan memperoleh data yang lengkap sesuai yang dibutuhkan, dapat menghadapi kendala dalam melakukan pengumpulan data, serta dapat memastikan antara pertanyaan yang dibuat sejalan dengan explorasi yang ingin dicapai.

Pelatihan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom dengan pemateri dari ECC Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, yaitu Bpk Nurhadi Irbath dan Bpk Tutus Kusuma menyampaikan betapa pentingnya peran enumerator tracer study dalam sebuah institusi perguruan tinggi dalam upaya mencapai respon rate yang tinggi serta kevalidan keabsahan data yang baik. Dengan melalui pelatihan ini, pemateri mengharapkan para staff CDC Polije nantinya dapat menjadi seorang enumerator yang handal dan kapabel pada saat melaksanakan tracer study.